Selasa, 06 Agustus 2019

Cara Membuat Donat yang Enak,Emouk & Mengembang








Smartkoki - Donat (doughnut atau donut dalam bahasa Inggris) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isian manis, seperti selai, jelly, krim, dan custard.

Donat mempunyai banyak macam rasa dengan toping yang berbeda-beda, rasa dan toping paling umum bagi orang Indonesia adalah dengan toping meses coklat dan gula salju. Berkat popularitasnya sebagai kudapan manis favorit orang dari berbagai kalangan dan usia, donat saat ini mudah sekali ditemukan di berbagai tempat.

Menariknya, meskipun hasilnya sama, cara membuat donat ini cukup beragam lho. Ada cara membuat donat dengan teknik klasik, ada juga yang menggunakan bahan lain seperti kentang, ubi serta masih banyak cara yang lainnya. Kamu sendiri juga bisa membuat donat jika mengetahui cara membuat donat yang empuk dan mengembang. Nah, berikut ini Smartkoki rangkum khusus buat anda food lovers, cara membuat donat empuk dan mengembang.

Pertama-tama kita siapkan dulu bahan-bahannya:

Bahan-bahan:

- 500 gram tepung terigu protein tinggi

- 100 gram gula pasir

- 11 gram atau 1 bungkus ragi instan

- 1/4 sdt baking powder

- 1/2 sdt garam

- 2 kuning telur

- 100 gram mentega

- 250 ml susu cair

Olesan:

- Mentega

- Cokelat yang sudah ditim

- Meises

- Selai

- Gula halus

- Kamu juga bisa menggunakan atau menambahkan bahan lain yang sesuai dengan seleramu.


Kemudian Cara membuat donat empuk dan mengembang:

- Campur tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder dan garam, aduk dengan tangan. Tambahkan kuning telur, uleni hingga berbentuk butiran halus. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata. Tambahkan mentega, uleni lagi dengan gerakan memutar, sesekali banting adonan. Lakukan hingga adonan licin dan kalis, kurang lebih 15 menit.

- Kumpulkan adonan menjadi satu dalam baskom. Tutupi dengan kain bersih, diamkan selama 1 jam. Tinju-tinju adonan hingga udara keluar dan adonan kempes. Bagi adonan menjadi 30 bagian, buat bulatan seperti bola. Diamkan lagi selama 10 menit. Lubangi masing-masing adonan, untuk hasil terbaik, lakukan dengan tangan.

- Goreng donat dalam minyak panas menggunakan api kecil-sedang. Goreng satu bagian hingga menguning, lalu balik hingga semua bagian berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan dan tunggu hingga dingin.Hias dengan topping sesuai selera.

Nah itu tadi cara membuat donat empuk dan mengembang sendiri di rumah yang sudah smartkoki rangkumkan buat anda food lovers.

Selamat mencoba & Semoga berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar